Minggu, 26 Desember 2010

Acrocanthosaurus – Dinosaurus Pembunuh di Amerika Utara


Acrocanthosaurus pernah menjelajah dataran Amerika Utara. Sebagai salah satu pemakan daging terbesar saat itu, Acrocanthosaurus dapat membunuh bahkan pemakan tumbuhan raksasa. Giginya yang besar dan setajam silet serta cakarnya yang panjang dapat membunuh secara kejam dan cepat.

Jejak-jejak yang ditemukan di Amerika menunjukkan bahwa dinosaurus ini berburu seperti yang dilakukan macan pada saat ini. Mereka mengejar mangsanya, lalu menyergap korbannya, menggigitnya hingga mati dengan giginya.

Info Dino

Panjang : 9 – 12 meter

Tinggi : Sekitar 4 meter hingga kepala

Tengkorak kepala : 1.4 meter

Bobot : 6 ton atau lebih

Makanan : Dinosaurus pemakan tumbuhan

Cara menyerang : Gigitan berkali-kali untuk membunuh korbannya karena kehilangan darah


Dengan tubuhnya yang tinggi, pemangsa ini mungkin menjelajah dan menyeberangi garis pantai yang dulunya memanjang sepanjang Amerika dari Texas hingga Maryland. Kerangka Acrocanthosaurus ditemukan di Oklahoma, Texas dan Utah bagian tengah dan Amerika Utara bagian selatan.

Fakta Lain

* Bekas gigitan pada kerangka ditemukan di Oklahoma yang mungkin dilakukan oleh Acrocanthosaurus lainnya, yang menunjukkan adanya persaingan diantara mereka.
* Tengkorak terpanjang yang pernah diketahui dari dinosaurus pemakan daging adalah berasal dari tengkorak Giganotosaurus sepanjang 1.8 meter. Carcharodontosaurus Afrika memiliki tengkorak sepanjang 1.6 meter, kepala Tyrannosaurus rex adalah sepanjang 1.5 meter dan tengkorak Acrocanthosaurus sepanjanh 1.4 meter.
* Pada saat mangsa tidak ada atau sulit untuk ditangkap, Acrocanthosaurus mungkin memakan bangkai dari hasil buruan terdahulu, seperti halnya mamalia pemangsa seperti singa dan macan tutul lakukan sekarang.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com