Minggu, 26 Desember 2010

Allosaurus – Dinosaurus Bertaring Menyerupai Pedang


Kakek buyut dari Tyrannosaurus rex, juga merupakan binatang yang luar biasa kuat serta mesin pembunuh yang sangat menakutkan, menebar teror kemanapun ia pergi. Allosaurus akan menyerang mangsanya dengan lengan depannya yang berotot, menyebabkan luka yang parah dengan cakarnya yang setajam silet. Taring menyerupai pedang yang melengkung berbaris di rahangnya, yang dapat merobek dan menelan sebongkah daging dengan mudah.

Allosaurus jumlahnya banyak dan tersebar dimana-mana sebagai makhluk yang haus darah. Pembunuh terbesar dan yang paling ditakuti di darat di zaman Jurassic, kekuasaannya yang penuh teror bertahan selama paling tidak 15 juta tahun, dari sekitar 150 – 135 juta tahun yang lalu.

Dino Info

Panjang : Hingga 12 meter

Bobot : Hingga 5 ton

Tinggi : Hingga 5 meter

Gigi : 5 – 10 centimeter

Cakar : Hingga 15 centimeter

Makanan : Dinosaurus lainnya


Keberadaan Allosaurus tersebar secara jauh dan luas. Ribuan tulang belulangnya, termasuk jejak yang masih sangat baik, telah ditemukan di Amerika Utara. Ditempat lainnya yang jauh, para ilmuwan menemukan kerangkanya di Portugal, Tanzania dan Australia.

Fakta Lain

* Ada empat jenis Allosaurus yang mirip. Allosaurus fragilis yang pertama ditemukan di tahun 1877. Jenis lainnya adalah Allosaurus amplexus, Allosaurus atrox dan Allosaurus ferox.
* Penemuan terakhir mengatakan, tidak seperti reptil lainnya yang hidup pada saat ini, dinosaurus pemakan daging besar seperti Allosaurus dapat mengatur suhu tubuhnya – seperti yang dilakukan mamalia modern dan burung, walaupun tidak sebagus mereka.
* Penggalian di Utah, Amerika, telah menemukan lebih dari 40 kerangka Allosaurus, dari yang sudah dewasa penuh hingga yang muda yang panjangnya 3 meter

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com