Minggu, 26 Desember 2010

Amargasaurus – Dinosaurus Teraneh Dengan Duri Dari Leher Hingga Punggung


Satu dari dinosaurus teraneh yang pernah ditemukan, Amargasaurus memiliki duri-duri tajam yang banyak disepanjang leher hingga punggungnya. Dua baris duri di leher menjadikan dinosaurus ini sasaran yang sulit untuk pemangsa yang lapar. Beberapa ahli berpendapat bahwa duri-duri di punggungnya mungkin ditutupi oleh kulit sehingga akan nampak seperti layar yang mengagumkan.

Dengan panjang dua kali panjang tubuh gajah Afrika, pemakan tumbuhan berduri ini pernah menjelajah dataran Argentina.

Info Dino

Panjang : Sekitar 10 meter

Tinggi : Sekitar 2 meter hingga paha

Pertahanan : Ukuran besar dan kemungkinan duri mirip tanduk

Bobot : Sekitar 5 ton

Makanan : Tumbuhan dalam jumlah banyak seperti pohon jarum, pakis dan sikas

amargasaurus


Fosil Amargasaurus ditemukan di daerah lembah La Amarga oleh Guillermo Rougier, murid dari ahli dinosaurus terkenal dari Argentina Jose Bonaparte. Kerangka yang ditemukannya hampir lengkap – hanya tengkorak bagian depan dan bagian ekor yang hilang. Dinosaurus ini dinamakan Amargasaurus oleh Bonaparte dan kawan-kawannya di tahun 1991.

Fakta Lain

* Ada beberapa perbedaan dari keluarga sauropods – dinosaurus pemakan tumbuhan yang besar dan berleher panjang. Amargasaurus masuk dalam keluarga diplodocid, dimana cukup mengejutkan karena bobot mereka yang sangat ringan untuk ukuran sebesar mereka. Hal ini disebabkan oleh tulang belakang mereka yang kosong sehingga berkurang bobotnya dibandingkan jika tulang tersebut terbentuk dari tulang yang padat.
* Seekor dinosaurus Afrika yang dinamakan Dicraeosaurus, anggota lainnya dari keluarga diplodocid, juga memiliki duri-duri tajam yang keluar dari tulang belakangnya. Namun dinosaurus ini hidup jauh sebelum Amargasaurus, di zaman jurassic akhir.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com