Minggu, 26 Desember 2010

Apatosaurus – Dinosaurus Besar Pemakan Tumbuhan


Apatosaurus adalah salah satu jenis dari sauropods – dinosaurus pemakan tumbuhan yang sangat besar, berleher panjang dan ber-ekor panjang. Mereka butuh makanan dari tumbuhan daun jarum sebanyak satu ton perhari dan kemungkinan mengunyah terus sepanjang hari.

Fosil yang ditemukan menunjukkan bahwa dinosaurus berukuran raksasa ini memiliki kaki seperti batang pohon dan tubuh seukuran empat gajah Afrika. Namun, walaupun ukurannya yang besar, Apatosaurus harus tetap waspada terhadap para pemangsa, seperti misalnya Allosaurus, bertempur dengan mereka dengan cara memukulkan ekornya yang kuat.

Info Dino

Panjang : Hingga 21 meter

Bobot : 30 ton

Tinggi : 4.5 meter hingga pundaknya; hingga 12 meter bila berdiri

Ukuran kaki : Panjangnya 1 meter

Makanan : Tumbuhan, khususnya tumbuhan palem dan pucuk tumbuhan daun jarum


Fosil Apatosaurus yang pertama ditemukan di Morrison Formation. Tempat ini adalah endapan sungai dan danau yang berlapis yang sangat luas di Amerika Utara, mulai dari utara di Montana melewati Wyoming, Utah dan Colorado.

Fakta Lain

* Jejak fosil di Texas memperlihatkan bahwa Apatosaurus kemungkinan berjalan dalam kelompok, dengan yang dewasa berada dibagian luar melindungi yang kecil di bagian tengah.
* Apatosaurus dewasa mungkin memakan batu besar hingga seberat 45 kilogram untuk mencerna tanaman yang dimakannya.
* Othniel Marsh adalah salah satu ilmuwan yang mempelajari penemuan fosil di Amerika diakhir abad ke-19. Ia menamakan Apatosaurus di tahun 1877 dan Brontosaurus di tahun 1879, tanpa menyadari bahwa ‘penemuan’ yang terakhir juga berdasarkan tulang belulang Apatosaurus. Nama Brontosaurus tidak digunakan lagi pada saat ini.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com