Minggu, 26 Desember 2010

Baryonyx – Dinosaurus Pemakan Ikan Bercakar Tajam


Kesempatan untuk menemukan sebuah cakar yang besar akan menuju kepada salah satu penemuan dinosaurus terbesar di abad 20 – kerangka fosil dari dinosaurus pemakan daging yang sungguh-sungguh aneh. Cakar dengan jari jempolnya yang hebat menjadikannya dinamakan ’si-Cakar’ pada saat kerangkanya ditemukan pada tahun 1983.

Para ilmuwan percaya bahwa Baryonyx adalah penangkap ikan terhebat. Tulang dari ikan purba yang telah sebagian dicerna ditemukan tidak jauh dari kerangkanya. Mereka mungkin menggunakan cakar ber jari jempol tajam tersebut untuk menusuk ikan dari sungai purba. Baryonyx memiliki moncong yang panjang dan menyempit, seperti pada buaya, sehingga mungkin akan digunakan untuk menagkap ikan dari air.

Info Dino

Panjang : 9 meter

Tinggi : 2.5 meter hingga pinggang

Bobot : 2 – 3 ton

Ukuran cakar : 28 centimeter

Makanan : Ikan, dinosaurus lainnya

Fosil dari Baryonyx ditemukan di sebelah selatan Inggris di karang formasi Wealden Clay. Keranka lainnya dari Spanyol dan Afrika juga sedang diteliti.

Fakta Lain

* Baryonyx kemungkinan berdarah panas dan juga dapat mengejar mangsa di daratan.
* Pada saat Baryonyx masih ada, bagian selatan Inggris tidak sejuk, daratannya rindang seperti sekarang. Eropa Barat adalah hutan yang hangat, berawa dan beriklim tropis. Tumbuhan seperti buntut kuda, sikas, pakis dan daun jarum banyak tumbuh disana.
* Peneliti dinosaurus Angela Milner dan Alan Charig, dari Museum Inggris untuk Sejarah Alam, London, secara resmi memberi nama Baryonyx pada November 1986.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com