Minggu, 26 Desember 2010

Brachiosaurus – Dinosaurus Raksasa Pemakan Tumbuhan


Daratan akan terguncang saat Brachiosaurus melintas di hutan prasejarah. Bobot dari dinosaurus ini sebanyak 12 gajah afrika dewasa, dan ukurannya yang luar biasa besar menjadikannya sebagai lawan yang menakutkan bagi musuhnya. Lehernya yang sangat panjang memungkinkannya untuk menjangkau pohon setinggi gedung tiga lantai untuk mencari pucuknya. Mereka membutuhkan makanan yang banyak setiap harinya untuk bertahan hidup. Bila ada dedaunan yang tidak dapat dicapai maka mereka akan mendorong pohon tersebut hingga miring untuk mendapatkannya.

Brachiosaurus juga dapat menggunakan lehernya yang panjang dan lentur sebagai senjata dalam pertarungan diantara mereka untuk posisi kepemimpinan diantara para jantannya.

Info Dino

Panjang : Lebih dari 23 meter dari hidung hingga ekor

Bobot : 50 – 80 ton

Jangkauan : 14 meter dari permukaan tanah

Makanan : Tumbuhan jarum, palem, dan pakis

Brachiosaurus hidup didaratan yang luas yang disebut Gondwanaland. Benua super ini telah terpisah, yang menjelaskan mengapa fosil Brachiosaurus ditemukan di Colorado dan Utah di Amerika, dan juga di Tanzania. Algeria dan Portugal.

Fakta Lain

* Adanya bukti yang ditemukan tentang adanya dinosaurus yang lebih besar dari Brachiosaurus. Salah satunya bernama Ultrasaurus, yang diketahui dari penemuan sebuah kaki. Ukuran dari kaki ini diperkirakan dimiliki oleh hewan yang memiliki panjang 27 meter.
* Beberapa pemburu fosil berpikir bahwa Brachiosaurus menggunakan ekornya seperti pemukul raksasa untuk menjatuhkan musuhnya.
* Brachiosaurus mungkin hidup didalam kelompok keluarga berjumlah 20.
* Cuaca di zaman Jurassic hangat dan basah sepanjang waktu, menciptakan keadaan yang baik bagi tumbuhan yang dimakan oleh Brachiosaurus untuk berkembang biak.
* Brachiosaurus diambil dari nama ‘kadal bertangan’ dari lengan depannya yang panjang.
* Para ahli memperkirakan bahwa dinosaurus seperti Brachiosaurus hidup hingga umur 100 tahun.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com