Minggu, 26 Desember 2010

Coelophysis – Dinosaurus Pembunuh Yang Cerdik


Salah satu dinosaurus awal yang dikenal adalah Coelophysis, pembunuh yang sangat efisien. Mereka dapat melacak mangsanya dengan kecepatan dan ketangkasan, sebelum menyergapnya dengan giginya yang tajam. Pemakan daging yang tekun ini bahkan dapat memangsa kaumnya sendiriyang lebih kecil.

Dengan kakinya yang berotot, tulang yang panjang dan ringan, serta berbentuk langsing, Coelophysis pelari alami. Mereka dapat berbelok dan berbalik arah pada kecepatan tinggi. Dengan cara berkelompok mereka dapat memangsa hewan lain yang memiliki badan yang lebih besar.

Info Dino

Panjang : Sekitar 3 meter

Bobot : Sekitar 25 kilogram

Makanan : Hewan lainnya, hidup atau mati

Senjata : Gigi dan cakar

Fosil Coelophysis banyak ditemukan pada endapan di Arizona dan New Mexico, Amerika. Dunia membentuk sebuah benua superluas, dikenal dengan Pangaea, pada saat Coelophysis hidup. Cuaca hangat atau panas sepanjang tahun, dan Coelophysis kemungkinan menjelajah hingga jauh untuk mencari mangsa.

Fakta Lain

* Situs Ghost Ranch di New Mexico adalah situs yang kaya akan fosil. Sudah banyak fosil Coelophysis yang ditemukan bahkan mungkin telah digali sebanyak 1000.
* Tidak semua dari fosil Coelophysis dewasa sama, ada dua bentuk dari dinosaurus ini, yang satu lebih besar dari yang lainnya. Para ilmuwan berpendapat bahwa hal ini merupakan jantan dan betina, namun masih terjadi perbedaan pendapat mengenai hal ini.
* Pemburu fosil dari Amerika, Edward Drinker Cope menamakan Coelophysis pada tahun 1887, berdasarkan bekas yang tidak lengkap.
* Para ahli fosil memperkirakan bahwa pada pertengah zaman Triasic, pada saat Coelophysis masih hidup, dinosaurus berjumlah kurang dari 5 persen dari reptil yang berbeda jenis di seluruh dunia.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com