Minggu, 26 Desember 2010

Coelurosauravus


Satu lagi makhluk yang hidup sebelum zaman dinosaurus. Reptil terbang yang unik ini mungkin hidup di hutan-hutan dan memangsa serangga-serangga besar. Kemungkinan reptil ini berburu secara berkelompok seperti halnya dengan burung modern. Coelurosauravus adalah hewan bertulang belakang terbang yang pertama dikenal. Reptil ini memiliki sayap yang dapat dilipat ditunjang oleh tulang penyangga.

Sayapnya, yang berbentuk seperti dua kipas kertas, membantunya untuk meluncur dari pohon ke pohon menggunakan ekornya sebagai kemudi pengendali. Reptil ini juga melebarkan sayapnya untuk menaikkan suhu tubuhnya dengan cara berjemur matahari.

Info Dino

Panjang : 30 – 40 centimeter

Lebar Sayap : 30 centimeter

Habitat : Pepohonan

Makanan : Serangga

Seorang penambang tembaga di Inggris adalah yang pertama kali menemukan fosil Coelurosauravus di tahun 1910. Sejak itu, fosil-fosil lainnya ditemukan di Madagaskar, pantai timur Afrika, di Inggris dan, di akhir tahun 1980-an, di situs Kupershiefer sebelah timur Jerman.

Fakta Lain

* Coelurosauravus dan kerabat terdekatnya Coelurosauravids berasal dari kelompok evolusi kadal purba yang berbeda. Nenek moyang dari kedua kelompok ini terpisah satu dengan lainnya di awal periode Permian.
* Coelurosauravus adalah satu dari sekian banyak makhluk purba yang menjadi korban dari kemusnahan besar yang terjadi sekitar 250 juta tahun yang lalu. Bentuk sayapnya yang unik juga ikut hilang bersamanya, karena sejauh yang kita ketahui, tidak ada satupun vertebrata terbang yang memiliki susunan yang mirip dengannya.
* Pada saat Coelurosauravus telah dewasa, hanya ada serangga terbang yang berada di udara. Membutuhkan paling tidak 20 juta tahun untuk reptil terbang berikutnya ber-evolusi, dan masih berjuta tahun lagi dibutuhkan hingga munculnya burung dan kelelawar yang pertama.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com