Minggu, 26 Desember 2010

Compsognathus – Dinosaurus Terkecil Yang Pernah Ada


Disamping kenyataan bahwa Compsognathus adalah dinosaurus terkecil yang pernah ada, seekor kadal harus berlari sekencang-kencangnya untuk meloloskan diri dari rahang penjepitnya. Dinosaurus yang kecil dan menakutkan ini memiliki kaki belakang yang kuat untuk kecepatan dan ketangkasan, mata yang tajam dan paruh yang menyerupai burung.

Semua fosil Compsognathus terpendam sangat dalam didekat garis pantai dari danau purba dan laut yang dangkal. Ditempat yang sekarang adalah Eropa, dinosaurus ini hidup di pulau yang kecil dengan tumbuhan yang lebat. Kerangka dari makhluk menyerupai burung ini telah membantu para ilmuwan untuk menemukan ide tentang hubungan antara burung modern dan leluhur purbanya, dinosaurus.

Info Dino

Panjang : 70 centimeter hingga 1 meter

Bobot : 3 – 3.5 kilogram – Kira-kira sebesar seekor ayam atau kalkun

Makanan : Kadal, mamalia dan mungkin serangga


Fosil Compsognathus ditemukan di Canjuer in Var, sebelah selatan Perancis, dan di Solnhofen di Bavaria, sebelah selatan Jerman. Hewan yang berhubungan termasuk Sinosauropteryx dari Cina, Aristosuchus dari Inggris, dan kerangka tanpa nama dari Brasil dan Portugal.

Fakta Lain

* Secara kebetulan, dua fosil dari Compsognathus memiliki ekor yang patah ditempat yang sama.
* Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa mereka menemukan banyak telur didalam rongga tubuh dari fosil Compsognathus.Dimana pada awalnya diperkirakan sebagai sisa kulit. Tidak ada yang yakin tentang ide siapa yang benar – terlebih karena kerangka tersebut dikenali pertama kali sebagai dinosaurus.
* Beberapa detil penting masih ada di fosil Compsognathus karena pada saat hewan ini mati, tubuh mereka terbenam kedalam tempat yang bebas oksigen didasar danau. Hal ini memperlambat proses pembusukan yang cepat, sementara tulangnya berubah menjadi karang.
* Karang di Eropa dimana terkuburnya Compsognathus juga berisi fosil pterodactyls (reptil terbang)

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com