Minggu, 26 Desember 2010

Cryolophosaurus – Dinosaurus Pembunuh Yang Hidup Di Kutub



Sebelum Antartika menjadi dataran yang membeku, ada makhluk pemangsa yang hidup di dataran kutub ini. Cryolophosaurus adalah pembunuh yang kuat dan hebat, walaupun tubuhnya yang cukup besar menahannya untuk berlari cepat dalam waktu yang lama. Mereka mungkin bersembunyi diantara pepohonan, mengamat-amati sekawanan pemakan tumbuhan dan menunggu kesempatan untuk menyerang. Pada saat calon korbannya mendekat, mereka akan melakukan pengejaran secara cepat untuk menyerang mangsanya, menerjangnya dengan tungkainya yang bercakar besar, dan menggigit leher korbannya dengan gigi yang tajam seperti gergaji.

Diatas kepalanya, Cryolophosaurus memiliki mahkota aneh dan dan tanduk pendek, tidak seperti pemakan daging prasejarah lainnya.

Info Dino

Panjang : 8 meter atau lebih

Bobot : Hingga 500 kilogram atau lebih

Makanan : Dinosaurus pemakan tumbuhan

Senjata : Gigi yang tajam dan cakar

Cryolophosaurus adalah dinosaurus pemakan daging pertama yang pernah ditemukan di benua yang ditutupi es yang dikenal dengan Antartika. Daratan luas ini gurun membeku yang diselimuti oleh es yang tebal. Namun pada saat pembunuh ini hidup di tempat ini, daerah ini adalah tempat yang dipenuhi oleh tumbuhan dan hewan.

Fakta Lain

* Kerangka Cryolophosaurus ditemukan pada tahun 1991 di Mount Kirkpatrick, 600 kilometer dari Kutub Selatan, oleh kelompok dari Amerika dari College Augustana, Illinois, dipimpin oleh Dr William Hammer.
* Sebelum secara resmi dinamai, Cryolophosaurus dikenal sebagai ‘Elvisaurus’. Mahkotanya mengingatkan para ilmuwan kepada gaya rambut Elvis Presley penyanyi rock and roll di tahun 1950.
* Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa dinosaurus kutub seperti Cryolophosaurus adalah ‘berdarah panas’ – mampu memproduksi panas mereka sendiri – seperti yang dilakukan mamalia, namun tidak seperti reptil modern, sehingga mereka dapat bertahan hidup pada suhu kutub dimusim dingin yang membeku. Bila mereka ‘berdarah dingin’ maka mereka tidak akan mampu untuk menghangatkan tubuh untuk berburu dimusim dingin.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com