Minggu, 26 Desember 2010

Cynognathus – Dinosaurus Berwujud Anjing dan Kadal


Bentuk Cynognathus nampak seperti campuran seekor anjing dan kadal. Mereka adalah yang terbesar dari semua cynodonts, mamalia berbentuk reptil yang memiliki taring yang ganas. Pada saat berburu secara berkelompok, Cynognathus sungguh mematikan, membunuh hewan yang jauh lebih besar dari mereka dan mengoyak-ngoyak mereka.

Tidak seperti sebagian besar reptil sesungguhnya, Cynognathus memiliki kaki yang cukup panjang yang terletak dibawah badannya dan tidak berada disampingnya. Hal ini berarti mereka gesit dengan kaki-kaki mereka dan dapat merubah arah secara cepat. Fosil dari karnivora ini talah membantu para ilmuwan untuk memahami bagaimana mamalia ber-evolusi.

Info Dino

Panjang : 1 – 1.5 meter keseluruhan; kepala hingga moncongnya 30 centimeter

Makanan : Daging segar

Senjata : Gigi yang menakutkan dan cakar tajam

Fosil Cynognathus pertama kali ditemukan di Argentina dan danau Karoo di Afrika Selatan. Ditemukan kembali didekat Beijing, Cina pada tahun 1973.

Fakta Lainnya

* Satu-satu bukti yang menunjukkan keberadaan Cynognathus dan cynodonts lainnya adalah jejak berbulu disekitar jejak fosil tunggal.
* Fosilnya tidak mengungkapkan bagaimana Cynognathus bereproduksi, namun pada tahap tertentu cynodonts berubah dari bertelur menjadi melahirkan anak-anaknya.
* Di tahun 1912, setelah mempelajari fosil Cynognathus dan Mesosourus dari Amerika Selatan dan Afrika, Ilmuwan Jerman Alfred Wegener menyimpulkan bahwa keduanya pernah bergambung bersama, dan menjadi bentuknya yang sekarang setelah berjuta-juta tahun kemudian.
* Beberapa tengkorak cynodont memiliki saluran disekitar hidungnya, dan hal ini mungkin berisi syaraf perasa seperti rambut sungut.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com