Minggu, 26 Desember 2010

Mosasaurus – Reptil Terbesar Yang Hidup Dilaut Purba


Pada saat ketinggian air naik puluhan juta tahun yang lalu, laut dangkal menggenangi daratan. Di perairan yang di sinari oleh matahari menjelajahlah kadal terbesar yang pernah hidup – Mosasaurus.

Dengan rahangnya yang besar dipenuhi dengan gigi yang tajam, Mosasaurus adalah pemangsa paling mematikan di lautan pada saat itu. Mereka memangsa ikan, cumi-cumi dan bahkan mosasaurus lain yang lebih kecil. Mereka berenang mengejar mangsanya seperti buaya, mengayuh dengan siripnya yang kuat dan menggunakan ekornya yang pipih.

Pesaingnya di lautan purba termasuk Ichthyosaurus si perenang cepat dan Pliosaurus yang besar.

Info Dino

Panjang : 4 – 10 meter

Bobot : Hingga 1 ton

Makanan : Ikan, cumi-cumi, kerang, reptil laut besar dan mosasaurus lainnya.




Fosil Mosasaurus, ditemukan di seluruh dunia. Peta ini memperlihatkan laut dangkal benua dimana mereka menguasainya. Ketinggian air laut kemudian turun, dan laut dangkal ini menjadi daratan kering.

Fakta Lain

* Kerangka Mosasaurus pertama ditemukan di pertambangan Belanda di abad 18. Nama Mosasaurus hoffmanni, menghormati ilmuwan Dr C. Hoffman, yang membiayai penggalian dan membawa fosil dari bebatuan ke permukaan.
* Gigi dan kerangka Mosasaurus dihargai dengan harga yang tinggi diantara kolektor fosil pribadi. Mereka terutama populer di Asia karena digambarkan kemiripannya dengan gigi seekor naga.
* Saat ini, hanya sedikit jenis reptil yang dapat ditemukan dilaut, termasuk penyu laut, ular laut dan buaya air asin.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com