Minggu, 26 Desember 2010

Pachycephalosaurus – Dinosaurus Berkepala Keras di Zaman Cretaceous



PachycephalosaurusPachycephalosaurus adalah hewan yang besar dengan tempurung tengkorak yang sangat tebal dan dihiasi dengan sekelompok duri menakutkan. Para ilmuwan berpendapat bahwa dinosaurus menakuti sesamanya untuk memenangkan hak untuk kawin dan menjadi penguasa.

Walaupun ukurannya dan tampilannya menakutkan, mereka nampaknya tidak terlalu berbahaya. Pada saat tidak bertarung dengan lawannya, mereka hidup dengan damai,berkelana dalam kelompok kecil dan memberi makan dedaunan dan tumbuhan lembut kepada anak-anaknya.

Info Dino

Panjang : Hingga 8 meter

Tinggi : 3 meter hingga pinggang; 6 meter hingga kepala

Bobot : Hingga 3 ton

Makanan : Tumbuhan



peta-pachycephalosaurus

Pachycephalosaurus ditemukan di tahun 1938 di Montana, Amerika. Sejak itu, beberapa bagian fosil ditemukan pula di negara bagian disekitarnya. Dinosaurus berkepala keras lainnya hidup di Kanada, Inggris, Mongolia, Cina dan bahkan Madagaskar.

Fakta Lain

* Sejauh ini, ada 13 jenis dinosaurus ‘berkepala keras’ atau yang dikenal dengan Pachycephalosaurus. Ke-12 jenis lainnya jauh lebih kecil daripada Pachycepahlosaurus. Kerangka Pachycephalosaurus ditemukan di Amerika Utara, Inggris, Asia Timur dan Madagaskar.
* Pachycephalosaurus, termasuk Pachycepahlosaurus, memiliki buku tulang tambahan pada 10 tulang pertama dari tulang ekornya. Hal ini menjadikan daerah dibelakang pinggangnya lebih lebar dari dinosaurus berkaki dua lainnya. Mungkin juga hal ini adaptasi agar memungkinkan mereka untuk melahirkan bayi yang lebih besar.
* Pemburu fosil terkenal dari Amerika Barnum Brown yang telah menemukan Pachycephalosaurus. Selama bertahun-tahun ia telah memberi nama kepada 14 dinosaurus, termasuk Ankylosaurus.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com