Minggu, 26 Desember 2010

Ceratosaurus – Dinosaurus Pembunuh Berwajah Menakutkan


Ceratosaurus adalah dinosaurus berwajah garang dengan tanduk diatas hidungnya, tulang didepan matanya dan ekor bergerigi seperti naga dibelakang ekornya. Rahangnya yang kuat, taring yang panjang dan cakar yang tajam menjadikannya dikenal sebagai salah satu pembunuh nomor satu di zaman Jurassic.

Sebagai pemburu yang tangkas, Ceratosaurus cukup gesit untuk menangkap hewan yang tiba-tiba merubah arah, namun mereka juga dapat saja menyergap mangsanya dari tempat tersembunyi, menyeruduk dengan kepalanya yang bertanduk. Mereka juga cukup ditakuti untuk mengusir pemburu lainnya dari mangsanya.

Info Dino

Panjang : 4.5 – 6 meter

Tinggi : 2 meter hingga paha; 3 meter hingga kepala

Bobot : Lebih dari 1 ton

Makanan : Mungkin dinosaurus pemakan tumbuhan; juga bisa dari bangkai

Lima fosil Ceratosaurus telah ditemukan di Pegunungan Rocky di Utah dan Colorado, di Amerika. Penemuan fosil lainnya, diperkirakan sebagai Ceratosaurus, terjadi di Tanzania, Afrika Timur.

Fakta Lain

* Kerangka Ceratosaurus pertama ditemukan tahun 1884 di Colorado. Pemburu fosil menemukan kerangka yang hampir lengkap, ditambah satu bagian lainnya. Dinosaurus ini dipelajari oleh Othniel Charles Marsh, ahli dinosaurus terkemuka, dan ialah yang telah memberikan nama tersebut.
* Sebagian besar ahli berpendapat bahwa Ceratosaurus adalah pemburu tunggal yang kebanyakan berburu pemakan tumbuhan berukuran sedang. Namun, beberapa jejak dari fosil Ceratosaurus meragukan tentang teori yang sudah sejak lama dikenal ini. Sebagai pemburu berkelompok, Ceratosaurus dapat menyerang mangsa yang jauh lebih besar ukurannya.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com