Jumat, 22 April 2011

Bali Bird Park


Di Kabupaten Gianyar – Bali banyak obyek wisata yang patut dikunjungi, dari yang klasik peninggalan tempo dulu sampai yang modern hasil imajinasi masa kini. Uniknya, semuanya memikat dan menarik.Meskipun begitu, bila anda sedang jalan – jalan ke Kabupaten Gianyar – Bali, jangan lupa mengunjungi Taman Burung “ Bali Bird Park “ di Batubulan, sekitar 15 menit berkendaraan dari Denpasar – Bali ke arah timur. Bali Bird Park ini memang benar-benar memberikan nuansa baru, sehingga kehadirannya menambah khasanah wisata di Kabupaten Gianyar – Bali.


Taman Burung satu-satunya di Bali ini dihuni oleh lebih dari 1000 ekor burung dari 250 spesies. Burung-burung ini ada yang ditempatkan di dalam sangkar dan ada pula yang dilepas di taman.
Sangkar-sangkar ditempatkan berjejer, ditata begitu rupa disesuaikan dengan habitatnya, hingga si penghuni betah berkeliaran di dalamnya. Burung-burung ini tergolong langka dan banyak didatangkan dari mancanegara, seperti dari Hawaii, Jerman, dan lain-lain.Burung-burung lokalpun banyak pula ditangkar di sini, termasuk maskot Bali, Jalak Bali yang dikenal dengan julukan Si Minah.


Cara penempatan sangkar-sangkar ini diatur secara terpisah dan dikelompokkan berdasarkan masing-masing jenis. Maksudnya untuk memudahkan mengenal dari mana asalnya. Selain burung ada lagi taman yang dirancang mirip hutan hujan (rain forest) yang cukup lebat. Di sini kelembaban udara terasa merasuk, karena rapatnya pohon-pohon serta adanya hujan yang berderai dari atap sangkar. Rasa kental hutan hujan ini ditambah lagi dengan kicauan burung berbagai jenis yang terbang berkeliaran.Areal seluas 2 hektare ini seluruhnya merupakan pertamanan terpadu yang ditata cantik dengan sentuhan-sentuhan seni berselera tinggi. Hingga kehadirannya seperti mengajak kita bercengkrama. Meski Taman Burung ini cuma 2 hektare, namun bila kita telusuri jalan setapak yang meliuk-liuk, tak dinyana kita akan menempuh jarak sekitar 1 km. Meski begitu kita tidak akan merasa lelah, apalagi jemu. Pasalnya pertamanan ini mampu menciptakan keharmonisan lingkungan yang sungguh menyejukkan.

Di sini terdapat pula sejumlah telaga. Selain ikan dan koleksi tanaman air, juga dihiasi burung air, angsa hitam, flaminggo, pelikan, dan lain-lain. Di tengah telaga terdapat teratai raksasa Victoria regia yang sengaja didatangkan dari Florida Amerika Serikat.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com